Posted in #MasakAlaKiki

Cucur Gula Merah

Pepatah bilang “Buah itu jatuh gajauh dari pohonnya”.

Percis banget miripppp…
Gue dan si ibu adalah Si Tukang Coba Resep, apalagi semenjak kita berdua install cookpad. Jadilah gue ntar yang tiba tiba pengen nyoba pancake, brownies. Si ibu yang tetiba pengen nyobain bikin cucur, pepes, bolu segala macem. Dengan napsu yang gede bangeeet, pokoknya hari ini kepengen nyoba mesti keturutan bodo amat mau gagal/nggak yang penting keturutan *tengok pancake jaman baheula yg gagal grgr teplonnya gagangnya mendadak copot, donat yang gagal ngembang, dst,dkk, dll*. Akhirnya si ibu abis baca resep bikin cucur di cookpad dong, terus maksa maksa ke alfamidi buat beli bahannya… Akhirnya jadilah cucur yang enaaaaak. Serius enaaaak kali ini! Berikut bahan dan cara bikinnya.
Bahan:
200 gr gula merah
200 gr tepung beras rose brand
200 gr tepung terigu
2 sdm gula pasir
1/2 bungkus vanili
sejumput garam.
Air
Minyak Goreng

Langkah :
1. Rebus gula merah, gula pasir, vanili dan garam sampai gula larut.
2. Aduk tepung beras dan tepung terigu sampai tercapur rata. Perbandingannya harus pas ya, soalnya kalo kebanyakan si tepung ga akan kebentuk topi kayak kue cucur gitu.
3. Masukkan air rebusan gula ke tepung sampai hampir encer, kurleb kayak susu skm gituuu. Setelah itu goreng dehh.

Penampakannya bisa liat di ig : @rizkyprhtni

Posted in #MasakAlaKiki

Ayam Goreng Mentega

Jadi anak kos di Bekasi yang jauh dari orang tua, otomatis ngebuat gue jadi mesti jago masak. Ga mesti jago juga sih, tapi seenggaknya ga cupu cupu amat. Kalo dulu maksimal banget gue masak tumis tumis sama goreng goreng tempe seenggaknya sekarang bisa lah masak yang riweuh dikit. Berhubung gue dan aa suka makan Chinnese Food, jadilah gue mikir duh ya kita beli ayam goreng mentega 30ribuan dapetnya cuma seporsi coba deh masak sendiri kayaknya gampil ini mah. Dan akhirnya bermodal cookpad plus capcipcup bumbu sendiri jadilah Ayam Goreng Mentega, sebenernya mau moto cuma apa daya pas baru kelar langsung pada comot sana sini.

Bahan-bahan :

1 ekor ayam potong 12 bagian

1/2 siung bawang bombay

Kecap Asin

Kecap Inggris

2 sachet Saus Tiram

Mentega

Gula dan Garam (Sesuai Selera)

1 sachet Sajiku Ayam Goreng

Kecap Manis (optional)

Langkah:

  1. Bersihkan ayam yang sudah dipotong lalu diungkep dulu menggunakan Sajiku Ayam Goreng (biar cincai langsung jadi rausah ulek-ulek)
  2. Setelah ungkepan sudah mengering, goreng ayam hingga coklat keemasan
  3. Setelah itu tiriskan ayam, iris bawang bombay dan ditumis meggunakan mentega sampai wangi.
  4.  Setelah itu masukkan saus tiram, kecap asin, kecap inggris dan kecap manis.
  5. Setelah mulai meletup letup gitu masukkan ayam yang sudah digoreng
  6. Aduk sampai rata dengan api kecil.
  7. Siap disajikan.